Print this page

TEKAN POTENSI BERA DI JAWA TENGAH DENGAN PTT PADI GOGO

Created at 12 September 2017 Written by 
Published in Berita

TEKAN POTENSI BERA DI JAWA TENGAH DENGAN PTT PADI GOGO

Boyolali, 12 September 2017. Misi Kementerian Pertanian 2015-2019 diantaranya adalah mewujudkan kedaulatan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani. Untuk mendukung misi Kementerian Pertanian tersebut perlu adanya inovasi teknologi dibidang pertanian. Salah satu inovasi pertanian tersebut adalah inovasi teknologi dalam upaya peningkatan produktivitas Padi Gogo. Inovasi teknologi padi gogo yang direkomendasikan untuk upaya peningkatan produktivitas adalah dengan Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT). Komponen utama PTT padi gogo adalah penggunaan varietas unggul (Inpago 7, Inpago 8 dan Inpago 9) dan pergiliran varietas. Komponen teknologi padi gogo yang tak kalah penting berperan dalam peningkatan produktivitas adalah penerapan sistem tanam dengan sistem tanam jajar legowo.

 

Dalam rangka mengembangkan penerapan VUB Padi Gogo (Inpago), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) – Balitbangtan Jawa Tengah melalui kegiatan Peningkatan Komunikasi, Koordinasi dan Diseminasi Inovasi Pertanian di Jawa Tengah menyelenggarakan Temu Teknis dengan Tema “Peran Inovasi Teknologi Padi Gogo Dalam Upaya Peningkatan Produksi Padi”. Teknologi tanam jajar legowo dan upaya penanggulangan OPT penting pada Padi Gogo, sehingga perlu dilaksanakan kegiatan temu teknis. Kegiatan Temu Teknis ini terselenggara atas kerjasama BPTP Jawa Tengah dengan Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali. Tujuan Temu Teknis adalah untuk mensosialisasikan inovasi teknologi padi gogo dalam upaya peningkatan produksi padi, meningkatkan sinergitas pelaksanaan program pengembangan Padi Gogo dan menggali umpan balik penerapan teknologi padi gogo dan permasalahan lapang pengembangan padi gogo.

Peserta Temu Teknis yang hadir adalah peneliti-penyuluh BPTP Jawa Tengah, penyuluh lingkup kecamatan dan kabupaten serta unsur struktural/staf Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali yang berjumlah 35 orang. Acara dibuka oleh Bambang Jiyanto, SP, MS selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali. Pemaparan secara panel materi dari peneliti BPTP Jawa Tengah, Kabid Tanaman Pangan Kabupaten Boyolali dilanjutkan dengan diskusi terkait permasalahan Budidaya Padi Gogo yang ada di Kabupaten Boyolali. Materi Temu Teknis diantaranya : 1. Program Pengembangan Padi Gogo dalam Upaya Peningkatan Produksi Padi di Kab. Boyolali; 2. Peningkatan Produktivitas Padi Gogo melalui Perbaikan Budidaya; 3. Upaya Pengendalian OPT Penting pada Padi Gogo (P.Kh).

 

Read 491 times