Print this page

Berita UPSUS

Created at 15 January 2018
Published in Berita UPSUS

Gerakan Pompanisasi dan Olah Tanah Tanam Padi di Desa Pengarasan Kecamatan Bantarkawung, Kab Brebes (2/10). Acara diikuti oleh Kepala Dinas Pertanian Kab Brebes, Kepala BPTP Jateng, PPL, POPT, Kodim Kabupaten Brebes dan petani. GPOT ini di lokasi lahan sawah Kelompok Tani Sahabat Jaya, yang diketuai oleh Bpk Sayid. Luas hamparan GPOT 25 hektar. GPOT ini dilaksanakan dengan pemanfaatan sumber air sungai Cipemali dan Cigunung dengan pompanisasi. Pompa yang digunakan 5.5 inchi. Air dialirkan ke lahan sehingga bisa segera dilakukan olah tanah. Olah tanah dengan menggunakan traktor roda dua.

Beberapa langkah yang sudah di lakukan oleh Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan bersama BPTP Jateng melakukan pendampingan :

1. untuk daerah yang masih ada sumber air dilakukan pemanfaatan sumber – sumber air dengan mengidentifikasi sumber air alternatif yang masih tersedia dan dapat dimanfaatkan melalui perpompaan dan irigasi air tanah dangkal.

2. Jika sumber air sudah tidak tersedia:

a. AUTP (Asuransi Usaha Tani Pertanian). Petani segera lakukan pengajuan ganti rugi bagi Petani yang lahan sawahnya Terkena Puso dan terdaftar AUTP

b. Mengusulkan Bantuan benih yang bersumber dari pusat sebagai pengganti padi yang mengalami PUSO.

Kementerian melalui Dirjen Tanaman pangan membuka peluang bagi Kab/kota yang akan mengajukan proposal GPOT. Pada GPOT diberikan stimulan penggantian biaya bbm pompa/TR berdasar jumlah alsin yg bekerja di lapangan selama 10 hari di satu titik/hamparan lokasi GPOT. Mekanisme pengajuan bantuan dari bawah disesuaikan dengan kebutuhan, selanjutnya berjenjang keatas ke kecamatan/BPP dan Dinas Kabupaten.

Beberapa waktu lalu juga telah dilaksanakan Rakor UPSUS. Acara dilaksanakan di Hotel Sahid Mandarin Pekalongan (26-27/9-2019), dipimpin langsung oleh Dirjen Tanaman Pangan. Acara di hadiri oleh Aster Kasdam IV Diponegoro, Kepala Distanbun prov. Jateng yang diwakili oleh Kabid Tanaman Pangan, Kepala Dinas Pertanian Kab dan Kota se jateng, BPTP Jateng dan PJ Upsus per area se Jateng, petugas data upsus kabupaten, Dandim se Jateng.
Acara meliputi pembahasan target dan realisasi bulan september dan upaya pencaoaian target september dan ASEP.
LTT Padi September 2018 Jateng sebesar 81.264 Ha, sedangkan September 2019, capaian hingga 25 September sebesar 36.980 hektar. Untuk prediksi hingga akhir 2019 sebesar 58.025 ha. Upaya khusus untuk peningkatan LTT di minggu terakhir september ini dengan adanya Gerakan Pompanisasi dan Olah Tanah (GPOT)Tanam Padi dengan pemanfaatan alsintan dan sumber air yang ada.
Dirjen Tanaman pangan membuka peluang bagi Kab/kota yang akan mengajukan proposal GPOT. Pada GPOT diberikan stimulan penggantian biaya bbm pompa/TR berdasarkan jumlah alsin yang bekerja di lapangan selama 10 hari di satu titik/hamparan lokasi GPOT.

Read 3597 times