Print this page

DISEMINASI INOVASI PERTANIAN TIADA HENTI

Created at 14 December 2017 Written by 
Published in Berita

Bergas, 14 Desember 2017. Pembangunan pertanian memerlukan Inovasi teknologi yang memadai, sedangkan inovasi teknologi yang dihasilkan siapapun tidak akan bermanfaat untuk masyarakat/pengguna tanpa adanya peran teknologi diseminasi di dalam penyebarannya. BPTP Jawa Tengah didalam mendiseminasikan hasil-hasil inovasi teknologi berkreasi dengan menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan diseminasi dari tanggal 11-20 Desember 2017.  

Beberapa kegiatan Diseminasi tersebut antara lain : Bimbingan Teknis (Bimtek) komoditas Mangga di Pati dan Rembang, Bimtek Kentang di Pekalongan dan Bergas, Bimtek Dukungan Inovasi Pertanian terhadap peningkatan IP Tanaman Spesifikasi Wilayah di Rembang dan Bergas. Yang tidak kalah pentingnya lagi adalah promosi produk – produk teknologi pertanian yang dilaksanakan di lingkungan kantor BPTP Jawa Tengah yaitu Pameran Inovasi Pertanian Pekarangan, bazaar bibit tanaman buah tropika unggul.

 

Acara diawali dengan sambutan dari Kepala BPTP Jawa Tengah Dr.Ir. Harwanto, M.Si. Beliau menyampaikan bahwa berdasarkan arahan Bapak menteri Pertanian, kementerian pertanian mempunyai tugas untuk melakukan inovasi mengatasi kemiskinan di Indonesia, dari data sekitar 27 juta yang tersebar di beberapa provinsi. Dari situlah perlunya identifikasi CPCL dan pentingnya membuat kegiatan yang  produktif.

 

Tahun 2018 merupakan tahun perbenihan dan dimulai tahun ini, dan benih yang sudah di hasilkan tahun ini akan di sertifikasi. Sehingga calon petani akan mendap atkan benih yg bermutu. Di akhir sambutan Kepala BPTP menyerahan secara simbolis bibit cabai kepada perwakilan dari KWT dan IWAPI Provinsi Jateng.

 

Kepala BBP2TP yang diwakili oleh Dr. M Yusron berkenan untuk memberikan sambutan dan membuka acara Pameran Inovasi Pertanian Pekarangan, bazaar bibit tanaman buah tropika unggul dan Bimtek Teknologi Pertanian. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi atas apa yang dilakukan oleh BPTP Jawa Tengah terkait bagaimana mendiseminasikan hasil-hasil pengkajian kepada pengguna langsung. Tahun ini dicanangkan sebagai tahun kebangkitan hortikultura. Terkait hal tersebut perlunya mekasnisme dan distribusi benih serta meningkatkan jejaring kerjasama agar tidak ada duplikasi tapi saling melengkapi.

 

Acara dilanjutkan dengan kunjungan stand-stand produk pertanian, serta pelaksanaan Bimtek perbenihan Kentang dan Bimtek peningkatan IP Tanaman Spesifikasi Wilayah. Adapun peserta pembukaan berjumlah 250 orang yang terdiri dari Dinas Pertanian Provinsi, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi, Tim Penggerak PKK Provinsi, Dinas Pertanian Kabupaten Magelang, Temanggung, Semarang, Demak, Kendal, Boyolali, Sragen, dan Wonogiri, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Wonogiri. Tim penggerak PKK Kab, IWAPI, Aisyiyah Jateng, KWT, Muslimat NU, Penyuluh dan petani peserta BIMTEk Kentang, Penyuluh, POPT dan peserta BIMTEK IP Padi serta Peneliti/Penyuluh BPTP Jawa Tengah. (P.Kh)

Read 151 times